Thursday, November 7, 2013

APAKAH DISCOUNT BESAR ITEM SEMBAKO DI SUPERMARKET/ HYPERMARKET ADALAH PENIPUAN KE CUSTOMER?

Hello Ladies...
In this cloudy day, mau share nih ke para ladies mengenai discount yang kadang di berikan oleh supermarket/ hypermarket....
Sering sekali kita mendapati, ketika kita berbelanja di supermarket/ hypermarket, discount yang ditawarkan ke customer sangat besar terutama untuk item Sembako. Terkadang discount bisa mencapai 50% dari harga awal...
"Discountnya beneran gak sih??? Jangan-jangan hanya penipuan aja?? Harganya pasti sudah dinaikkan dulu sebelum promosi dilaksanakan, mana mau rugi??", rata-rata itu yang ada di pikiran para ladies....
Kirei bisa pastikan 90% bahwa discount tersebut adalah real dan bukan penipuan (gak berani bilang 100%, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan).
"Kok, mau Supermarket tersebut rugi dan jual barang di bawah harga pasaran bahkan di bawah harga modal?", Siapa bilang mereka rugi. Untuk supermarket/ Hypermarket yang berskala nasional ataupun internasional mereka punya kontrak dagang dengan pihak Key Account atau pihak pabrik produk barang yang dijual.  Salah satu poin penting dari kontrak dagang tersebut isinya mengenai partisipasi pabrik terhadap promosi yang diadakan supermarket dan hypermarket. Biaya promosi ini ada yang pemotongan pembayaran pihak Supermarket/ Hypermarket setiap bulan dalam hitungan persen tertentu dari total order yang dilakukan supermarket dan hypermarket ke distributor pabrik tsb, atau hanya pada periode promosi tersebut.
MASIH BINGUNG?
Bahasa umunya Supermarket/ Hypermarket  mendapat support dana dari pabrik untuk melakukan promosi produk pabriknya. Tapi ingat, support yang diberikan supplier jumlahnya terbatas, hanya sesuai yang tertulis pada kontrak dagang. Makanya pada saat discount promosi, ada pembatasan pembelian untuk customer (bisanya 2-6 pcs/ customer/ hari) karena jika melebihi budget, pabrik tidak akan menanggung .
So, buat para ladies, jangan ragu untuk melakukan pembelian  produk sembako yang diberikan oleh Supermarket/ Hypermarket.
Sedikit tips nih, jika ingin berbelaanja produk discount, pilihlah promosi di akhir minggu (jumat, sabtu, minggu) yang biasanya di muat di koran karena pada saat itu harga promosi biasanya lebih murah dari harga promosi katalog ataupun instore.
Untuk tips-tips lain belanja di Supermarket nanti akan kirei sampaikan di artikel lain ya....
HAPPY SHOPPING....

No comments:

Post a Comment